Sabtu, 07 November 2009

Kunci sukses desainer grafis yang terlupakan


Desainer grafis dituntut untuk menghasilkan karya terbaik. Ketika bekerja sendiri ataupun bekerja pada orang lain. Sebagai desainer grafis tentu karya terbaik tetap menjadi prioritas, menjadi tujuan. Mencari ide hingga setinggi langit dan sedalam lautan, lalu mengeksekusi ide dengan menggunakan berbagai teknik fotografi, ilustrasi, komposisi, tipografi dengan semua keahlian desain kita. Namun, apakah cukup sampai disini?

Jawabannya, tidak!

Meski kita seorang desainer grafis yang hebat dengan ide brilian dan eksekusi visual yang sangat bagus. Namun ada satu hal yang kadang terlupakan dan tetap harus dijaga yaitu sikap atau istilah yang populer yaitu attitude.

Attitide atau sikap berpengaruh sangat besar terhadap kesuksesan karir atau bisnis kita. Apapun status kita, bekerja pada orang lain ataupun bekerja sendiri, attitude tetap harus dijaga.

Menunjukkan Attitude yang tidak baik seperti tidak mau kerjasama, tidak mau di kritik, tidak mau dialog, merasa paling hebat, dengan cara yang tidak menyenangkan adalah attitude yang pada umumnya orang tidak suka. Saya sendiri memaklumi siapa sih yang mau dikritik, siapa sih yang tidak ingin dirinya diakui hebat, dan kalau sudah soal ide dan kreatifitas kadang kita inginnya semua adalah hasil karya kita. Sebenarnya ini menurut saya manusiawi. Hal-hal seperti ini lebih baik cukup ada disimpan di hati.

Ketika kita sedang bekerja pada orang lain atau sedang kerjasama bisnis tentu bila hal-hal negatif diungkap secara sengaja maupun tidak sengaja secara terbuka, tentu siapapun tidak akan menerimanya, ya kan? Karena kita masih memiliki atau masih berada di lingkungan budaya timur yang masih saling menjaga perasaan dan teposeliro. Salah sikap sedikit, bisa berantakan semua urusan.

Jadi kesimpulannya, pengetahuan dan skill saja tidak cukup untuk mendukung kesuksesan kita sebagai desainer grafis. Attitude yang baik juga harus kita jaga.

14 komentar:

asep 11 November 2009 06.25  

Mas bagus benar designnya.bisa ngak saya belajar Mas Ismail.trims
asep

DGA Desain Grafis dan Advertising 11 November 2009 07.23  

Bisa! Ikutan Kursus Desain Grafis Online aja ya... Nanti kita bisa pelajari desain grafis dari teori sampai praktek... pokoknya mantep..tep..tep..

dafiDRiau 11 November 2009 22.36  

Tks Ifonya mas Izmail. Oh ya saya udah pasang link DGA di Blog

sang pendekar 14 November 2009 01.09  

attitude memang segalanya deh

andriristiawan 17 November 2009 09.21  

Wah nemuin tempat yang cocok buat belajar desain grafis :)

DGA Desain Grafis dan Advertising 17 November 2009 17.01  

@pendekar, @andriristiawan; Semoga manfaat...

Sepi 31 Mei 2010 23.55  

apa yang post tentang sikap dlm design grafis mas jelasin...
itu benar2 reel dalm khidupan saya..
dan saya akan menjaga sikap itu!!

adek 10 Desember 2010 08.30  

mas! saya ingin belajar design!! karena saya adanya di pulau sumatera.. saya ingin belajar online.. boleh ya mas!! terima kasih sebelumnya

Juninato Bara 5 Januari 2011 07.50  

saya lagi belajar desain grafis om, mau tanya selain sikap terbuka yang harus kita miliki, hal terpenting apa yang harus di bentuk dan dibiasakan oleh seorang desainer..

desain grafis 4 Februari 2011 08.59  

Iya sih emang bener, skill tidak menjamin seseorang bs sukses begitu jg pengetahuan klo gak didukung usaha yg keras

Hafiz Tri Handoko 14 Mei 2011 07.20  

assalamu'alaikum... sangat membantu infonya.... trimakasih, ni
http://design-programming.blogspot.com ( khusus untuk freelance desain grafis atau web ) salam kenal... ^_^

DGA 14 Mei 2011 23.46  

THX mas Hafiz untuk linknya yang sangat bermanfaat. Kebetulan saya juga aktif di http://logotournament.com/ Goodluck and all the best.

Anonim 21 Juli 2011 05.41  

iya benar,,,saya setuju,,"SAYA MAU JADI DESAINER GRAFIS YANG RAMAH KE SEMUA ORANG...^_^,,,amien,,""

Belajar Grafis Modern 27 Januari 2012 08.49  

wuich lengkap ya, bahasan yang rinci dan enak untuk di baca dengan alur yang mengalir. Tidak disangka tulisannya sudah habis terbaca semua. mantap!

  © Blogger template 'Neuronic' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP