Rabu, 18 Februari 2009

Syarat sebuah iklan yang berhasil


Oleh M. Ismail
Setiap hari terdapat begitu banyak iklan yang kita saksikan terutama iklan tv dan iklan cetak. Untuk memproduksi iklan hingga sampai ditayangkan tentunya membutuhkan dana yang tidak sedikit dari ratusan juta hingga mencapai miliran rupiah.


Tujuan pemilik produk berani mengeluarkan dana iklan sangat besar tentunya demi untuk meningkatkan penjualan dan mendapatkan keuntungan. Tapi bagaimana kalau iklan yang ditayangkan ternyata tidak memiliki impak seperti yang diharapkan. Alih-alih penjualan meningkat, malah sebaliknya iklannya tidak menarik dan tidak membangun minat konsumen untuk mencoba produk. Saya yakin tentu saja mereka merasa kecewa berat dan yang pasti rugi.

Lantas iklan seperti apa yang dapat menciptakan impak positif (brand image) dan membangun minat (curiosity: keingintahuan dan penasaran) konsumen?

Syarat sebuah iklan yang baik dan biasanya sukses yaitu:

1. Menjual
2. Persuasif
3. Unik
4. Relevan
5. Simpel
6. Menghibur


Ke 6 syarat diatas merupakan elemen yang sangat penting yang harus terdapat dalam setiap penciptaan sebuah iklan. Meskipun setiap Creative Director (orang yang bertanggung jawab dalam konsep kreatif) memiliki taste yang berbeda namun ke 6 syarat di atas haruslah tetap menjadi pijakan.

Bagaimana penjelasan selengkapnya mengenai ke 6 syarat tadi. Kita lanjut saja ya pada artikel berikutnya. (Soalnya kalau artkel terlalu panjang biasanya malah bosan membacanya).

O ya, untuk referensi anda bila ingin melihat iklan-iklan tv commercial mancanegara yang unik anda bisa melihatnya disini unique commercial. Atau anda bisa kunjungi situs ini ads of the world. Kalau mau melihat portfolio saya yang lokal mampir ke sini  izmildwork . (hehehe... sambil promosi sampe tahu ada order nyangkut!)

Ingin berkomentar atau ada pendapat lain! Silahkan klik “comment” di bawah ini…

Related Articles:
- Estetika atau komunikasi 1
- Estetika atau komunikasi 2

3 komentar:

Joko Susilo 24 Februari 2009 07.41  

Tambah ilmu lagi tentang iklan. Terimakasih Mas Ismail

witono 7 April 2012 19.13  

iklan perlu,,makanya harus belajar...maksih infonya

aank 24 Mei 2012 04.54  

iklan.... tambah ilmuku makasih yaaaa

  © Blogger template 'Neuronic' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP