Rabu, 13 Januari 2010

Visual sebagai simbol


Simbol visual sangat dekat di dalam kehidupan sehari-hari kita. Apalagi di kota-kota besar, kita dapat melihat begitu banyak simbol visual yang dipasang, seperti di area pertokoan, billboard, poster, kendaraan umum, bahkan t.shirt yang dipakai. Simbol-simbol visual tersebut memiliki berbagai makna, baik di dalam pergaulan sosial, ekonomi, personal hingga spiritual. Simbol visual tidak hanya terlihat di Negara kita, di seluruh dunia pun kita dapat melihat berbagai simbol visual.

Kenapa visual digunakan sebagai simbol?


Sejak dahulu kala di jaman pra sejarah, memang manusia cenderung menggunakan simbol visual untuk menyampaikan pesannya. Seperti kita ketahui di gua-gua pada jaman “the caveman (manusia gua)” sudah terdapat simbol-simbol visual seperti gambar-gambar manusia dan binatang dalam bentuk goresan yang sederhana dengan warna-warna dari alam seperti warna tanah dan warna merah darah atau warna putih getah pohon.

Dengan semakin berkembangnya budaya dan teknologi, simbol-simbol visual turut berkembang. Setiap bangsa memiliki simbol visual sesuai karakter khas budayanya. Meskipun demikian, simbol-simbol visual universal dimana simbol-simbol tersebut memiliki makna yang sama pada setiap bangsa juga berkembang seiring perkembangan budaya dan teknologi dunia. Ketika teknologi digital dan komunikasi belum seperti saat ini, symbol-simbol seperti handphone, iphone atau internet tentu belum ada, kira-kira seperti ini perkembangannya.

O ya, kenapa visual lebih banyak digunakan sebagai simbol karena visual bisa memiliki persepsi yang sama pada setiap orang jadi lebih mudah untuk dikomunikasikan, selain itu visual bisa memiliki makna yang lebih luas dan dalam. Seperti visual “Love” memiliki bentuk yang sama pada setiap orang di seluruh dunia.

Pada desain grafis, simbol visual bisa dikembangkan dengan berbagai teknik dan gaya sesuai dengan karakter yang ingin di kemunikasikan. Simbol visual yang sama seperti “Love” bisa memiliki berbagai macam model, seperti model klasik berbeda dengan model yang modern. Visual “Love” klasik tentu cenderung memiliki gaya ornamental dibandingkan visual “Love” modern yang lebih simpel.

Simbol visual juga juga memiliki pengaruh yang kuat terhadap gaya hidup dan karakter sesorang. Simbol visual tertentu dapat dianggap mampu menaikkan gengsi dan status sosial atau kepribadian seseorang. Ketika seseorang memakai t.shirt dengan visual“Harimau” tentu perasaannya berbeda ketika memakai t.shirt dengan visual “kelinci”. Karena kedua visual tersebut memiliki makna karakter yang berbeda. Bayangkan bila dua orang lelaki yang macho dan gagah. Tetapi ketika kedua lelaki tersebut memakai t.shirt yang berbeda. Satu memakai t.shirt bergambar logo “Harley Davidson”, yang satu lagi memakai t.shirt bergambar logo “Playboy”. Tentu persepsi terhadap kedua orang lelaki tersebut berbeda.

Related Articles:
- Desainer grafis vs art director
- Karir desainer grafis
- Beda seni murni dan seni pesanan
- Dasar-dasar desain grafis 1
- Dasar-dasar desain grafis 2
- Teknik desain logo dengan Freehand MX
- Taste dalam desain grafis
- 3 Unsur dalam desain grafis
- Estetika dalam desain grafis
- Desain grafis itu mudah

11 komentar:

download 13 Januari 2010 09.15  
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
dafiDRiau 27 Januari 2010 22.12  

makin mantap aja mas.

strawberry fields 17 Juni 2010 02.33  

biarkan gambar yang berbicara...bukankah sperti itu mas bro...blog walking ceria

Cinta Desain 11 Agustus 2010 18.06  

Mantep.......

Cinta Desain 11 Agustus 2010 18.06  

mantep..........

tenax_technologies 14 September 2010 01.41  

Thanks for sharing.

Tenax Technologies is a Belarussian software company delivering complex web solutions. We provide comprehensive Java development of complex internet systems.

CyberLoad 23 Oktober 2010 15.32  

Bagus banget nich postnya... Thanks gan!!!

desain grafis 4 Februari 2011 10.05  

thx sharing y...

efekphotoshop.com 11 Juni 2011 23.52  

mantap infonya...buat yang suka desain grafis...

Graphic Shared 9 Agustus 2011 01.05  

nice posting

INFO KERJA 27 Maret 2012 19.04  

memang gambar atau desain image lebih cepat menarik perhatian... slm sukses

  © Blogger template 'Neuronic' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP