Senin, 26 Oktober 2009

Belajar Desain Grafis itu mudah

Desain grafis itu mudah. Desain grafis tidak memberatkan. Karena di dalam desain grafis cuma terdapat 3 unsur pembelajaran yaitu:

1. Ketrampilan teknis 2. Kepekaan estetik dan 3. Pengetahuan komunikasi visual
    Ke tiga unsur di atas ini sebaiknya dipelajari secara bertahap yaitu mengetahui teori-teori dasar lalu praktek. Jadi pada saat masuk ke tahap praktek mendesain “otak” ga blank, karena teorinya sudah nancep duluan di otak. Jadi pas ada masalah bisa nyambung. “Bukan Jaka sembung ya, naik ojek ke Bandung, ga nyambung jack….”

    Teori-teori dasar yang sebaiknya diketahui bagi pemula adalah:

    1. Mengetahui apa itu komunikasi visual atau desain grafis.
    2. Mengetahui dasar-dasar estetika (garis, bentuk dan warna) melalui nirmana.
    3. Mengetahui dasar-dasar makna warna
    4. Mengetahui dasar-dasar tipografi (huruf).
    5. Mengetahui dasar-dasar tata letak / lay out.

    Kalau dasar-dasar desain grafis di atas sudah di lewati baru masuk ke tahap praktek dengan menggunakan tools (software desain seperti adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Macromedia Freehand, Adobe in design, dan sebagainya. Dalam menggunakan sotware ini kita langsung praktek menerapkan teori-teori dasar di atas ke dalam sebuah desain, misal mendesain brosur. Tidak semua software digunakan, kita bisa pilih salah satu atau salah dua, freehand dengan photoshop atau illustrator dengan photoshop.

    Tapi yang jelas yang paling penting penguasaan desainnya meskipun penguasaan software juga penting. Kalau kemampuan desain adanya kan di otak kita, ya kan. Ini lebih langgeng!

    Sedikit cerita pengalaman ya,.. ketika awal saya menggunakan photoshop, belum menggunakan layer seperti sekarang. Undo cuma bisa sekali. Permainan layer lebih banyak menggunakan teknik channel. Bayangin, gimana ga capek, undo cuma bisa sekali, ga ada layer… Saya lupa-lupa inget pakai photoshop versi berapa ya, kalau ga salah masih photoshop versi 1.2…(kalau ga salah ya, lupa-lupa inget sih, soalnya udah lama sekitar tahun 1990-1992). Tapi semua kerjaan lancar-lancar aja tuh. Jadi masalahnya bukan pada software, tapi pada kemampuan desain kita sendiri.

    Ok, lanjut….

    Jadi, tiga unsur pembelajaran yaitu ketrampilan teknik, kepekaan estetik dan pengetahuan komunikasi visual akan terlatih dan terbentuk dengan sendirinya melalui proses teori dan praktek di atas.

    Dan kalau kebetulan anda sudah mengetahui ke 5 dasar di atas, berarti anda tidak lagi harus melewati tahap teori, sebaiknya langsung saja ke tahap praktek. Ya, paling-paling sambil jalan di ingetin lagi teori-teori yang sudah anda ketahui supaya ga lupa.

    KESIMPULANNYA:
    BELAJAR DESAIN GRAFIS ITU MUDAH, ASAL BELAJAR SECARA BENAR SESUAI KAIDAH DALAM KOMUNIKASI VISUAL.

    0 komentar:

      © Blogger template 'Neuronic' by Ourblogtemplates.com 2008

    Back to TOP