Selasa, 06 Oktober 2009

Idealisme Desain Cover Buku

Mendesain cover buku memiliki keasyikan sekaligus tantangan tersendri. Meskipun tugas dan kewajiban desainer grafis tetap harus melakukan yang terbaik. Meskipun pengetahuan dan karakter/taste seorang desainer grafis sangat mempengaruhi karya-karyanya.

Sebagai desainer grafis juga art director, harus fleksibel dalam mendesain, tidak boleh kaku, terpaku pada selera pribadi. Ini masalah besar buat desainer grafis yang terjebak dengan selera pribadi.

Baik, soal idealisme desain cover buku. Saya kira kalau kita dianggap/ memiliki idealisme wajar-wajar saja. Karena idealisme itu sendiri kan bagus, jadi hasil karya kita benar-benar digarap serius. Pengertian karya yang idealis menurut saya adalah karya yang seutuhnya memiliki konten dan konteks yang kuat dan sesuai dengan pesan/message yang ingin disampaikan ke audience/target market. Jadi bukan idealismenya seniman murni seperti pelukis. Namun patut kita akui bahwa faktor karakter/taste desainer turut berperan, turut mewarnai karyanya.

Karakter konten/konteks isi sebuah buku dapat ditransformasikan ke dalam bentuk visual dan verbal pada cover. Dalam hal ini terutama adalah karakter visual (desain grafis). Pemilihan image dan typografi yang tepat dan sesuai dapat mewakili isi buku. Namun tidak cukup sampai disitu, faktor daya tarik pada tata letak, warna dan bentuk harus benar-benar “Menjual” artinya menarik minat orang untuk membaca buku tersebut atau istilah tepatnya terdapat “Curiosity/Rasa ingin tahu? pada desain.

Sampai disini dulu, semoga bermanfaat. Kalau ada tambahan/pendapat silahkan saja….

2 komentar:

Rasnadi Nasry 20 Maret 2011 06.01  

ya... saya sepakat mas!!

yunus abee 16 September 2011 12.11  

rasa ingin tahu saya kembali mencuat dan timbul sebagai semangat baru mas setelah baca artikel ini,, terima kasih atas info dan tipsnya.... semoga terus sukses...

  © Blogger template 'Neuronic' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP