Minggu, 09 September 2012

Persaingan di Freelancer.com

Untuk menaiki gunung yang tinggi harus dari bawah. Ini adalah Sunatullah. Sebuah kepastian. Kepastian yang setiap manusia pasti harus melaluinya. Begitu juga sebuah kesukesan untuk meraihnya pasti harus dari bawah. Pendapat ini sangat berlaku bagi setiap orang, setiap pekerjaan apalagi bagi seorang freelancer. 

Persaingan yang ketat membuat freelancer harus benar-benar memeras daya untuk mencari ide yang unik dan berbeda. Selain itu juga harus berani banting harga khususnya bagi para pemula terutama pada situs-situs freelancer seperti freelancer.com atau Elance.com.

Pada situs Freelancer.com anda akan kaget bila penawaran harga untuk mendesain sebuah logo bisa cuma seharga $30 atau sekitar Rp 270.000,-. Kaget? Pasti kagetlah! Saya sendiri kaget "benar-benar banting harga". Karena pada situs-situs kontes logo, sebuah logo yang menang bisa mendapat $200, $300, hingga $1000. Bayangkan perbedaannya jauh sekali kan?

Harga memang menjadi nilai jual utama setelah "reputasi". Klien tentu akan memilih freelancer dengan harga yang murah, cepat dan profesional.

Harga yang murah yaitu $30 tadi bukan bararti selamanya akan segitu karena biasanya penawaran harga ini kebanyakan dilakukan oleh para freelancer baru yang masih mencari kepercayaan klien. Dalam bisnis konvensional saya kira hal ini juga berlaku kan? Nanti kalau kepercayaan klien sudah banyak, job-job akan benyak mengalir baru berani naikin harga.

Disinilah uniknya persaingan di situs freelancer.com. Biarpun sudah banting harga tetap saja klien memilih freelancer yang sudah banyak pengakuannya dari klien (Dapat dilihat dari deretan bintangnya). Apalagi kadang-kadang yang sudah banyak bintangnya tetap aja jual murah. Duh waduh, buat freelancer baru bisa gak kebagian neh...

Saya yang baru saja mengaktifkan kembali akun saya di freelancer.com yang sempat tertunda 2 tahun lebih harus mengikuti "Sunatullah" ini. Naik gunung harus dari bawah. Ya mudah-mudahan bisa lancar yang penting usaha dulu.

Yang menjadi motivasi buat kita adalah kalau kita melihat profile freelancer yang sudah sukses ternyata enaknya kalau sudah mendapat banyak bintang, job nya banyak sekali bisa sampai ratusan job dalam seminggu. Wuiih benar-benar mantap biar jualan cuma $30 perjob bikin logo misalnya, tapi kalau ada seratus dalam seminggu jadi berapa tuh totalnya....? Atau ga usah banyaklah cukup 10 job aja dalam seminggu, jadi berapa tuh. Mayan kan...!

O ya sebagai gambaran ini screen shot salah seorang freelancer dari Pakistan yang jobnya dah melimpah.

Djdesign The name of quality

Kebanyakan freelancer di freelancer.com ini saya lihat dari India atau Pakistan. Dari United States, United Kingdom.atau negara lain tapi tidak sebanyak dari India atau Pakistan ini. Apalagi dari Indonesia bisa kehitung... Mungkin orang kita ga sabar ya naik gunungnya.

Artikel bagus dari Ruang Freelance.com dengan judul
JANGAN HIRE FREELANCER INDONESIA!
Artikel yang menarik. Saya kira bagi anda yang merasa freelancer wajib membacanya.

Bagi anda yang berminat daftar aja di sini Freelancer.com Gratis!

Semoga manfaat.

Related Articles:
- Situs bagus buat freelancers
- Situs desain penghasil dollar

1 komentar:

Anonim 30 Oktober 2012 16.51  

I am regular visitor, how are you everybody? This piece of writing posted at this site is actually nice.
My blog post ... synergyjournal.com

  © Blogger template 'Neuronic' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP