Minggu, 11 Oktober 2009

Desain Tipografi batak yang memikat

Tipografi adalah elemen desain grafis yang sangat unik di dalam perancangannya. Ada jutaan huruf disana dengan beragam karakternya yang khas. Kebanyakan para desainer grafis, art director, creative director, dan insan-insan kreatif pada industri grafis dan advertising saat ini menggunakan tipografi huruf latin untuk rancangan komunikasinya. Namun permasalahan muncul ketika kita ingin mengangkat budaya Indonesia ke dalam sebuah buku menjadi media informasi budaya, apakah karakter huruf latin yang ada dapat mewakili karakter huruf salah satu suku di Indonesia yaitu aksara batak yang akan digunakan sebagai tipografi / font untuk naskah / copy buku budaya batak?

Ternyata di dalam tipografi huruf latin tidak ditemukan karakter huruf yang dapat mewakili karakter huruf / aksara batak. Wah, bagaimana ini? Udah pakai aja tipogafi yang ada..! (hehe,.. ini mah kalau desainer grafis bermental kacangan). Hal ini justru menjadi tantangan sekaligus rangsangan bagi desainer grafis sejati untuk merancang tipografi yang berkarakter aksara batak.

Selain unsur karakter sebagai bagian dari "seni budaya" yang harus dipertahankan, unsur yang sangat penting yang menjadi syarat tipografi yang baik yaitu unsur Readability (dapat dibaca) dan unsur Legibility (kejelasan). Ke tiga unsur ini yaitu Seni, Readability dan Legibility dapat anda buktikan pada aplikasi hasil perancangan desainer Grafis Indonesia di bawah ini :


Bagaimana menurut anda? Bagi saya karya desain ini merupakan karya "masterpiece" typography Indonesia. Meskipun pemakaiannya pada body copy rada ribet, tapi bila dipakai pada pengantar saja saya kira "fine-fine" aja, maksudnya ok juga gitu loh selama ke tiga syarat di atas terpenuhi.

Penasaran, ingin tahu gimana caranya hingga dapat menciptakan tipografi berkarakter aksara batak, silahkan simak di sumbernya ya, di Desain Grafis Indonesia.

Atau bila anda ingin mendownload file PDF nya, silahkan saja klik link berikut:

TIPOGRAFI - Adaptasi Karakter Aksara Batak Toba Dalam Huruf Latin

0 komentar:

  © Blogger template 'Neuronic' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP